Notebook terkena virus

Ceritanya begini....

Kemaren ada seorang pelanggan datang ke toko membawa CPU yang kena virus. Trus aku disuruh basmi virusnya, tanpa nunggu lama, langsung tak cek ternyata terkena virus lokal benama "Pendekar Blank". Kemudian aku ambil flashdisk buat membantai virus tersebut, tanpa nge-cek isi flashdisk langsung main colok di CPU yang terinfeksi virus.

Lho kok nggak ada isinya?

Ternyata tools yang ada di flashdisk yang biasa buat basmi virus ternyata sudah saya hapus (kebanyakan nongkrong jadi lupa)

Flasdisk tak cabut dari CPU yang terinfeksi virus trus tak colokin ke laptop ini baru kemudian tak hidupin untuk meng-copy tools basmi virus yang ada di laptop.

Setelah ada pesan "Welcome" kok malah Logout dengan sendirinya?!

Pikirku virus lokal nggak ada yang bisa nginfeksi saat boot dan dalam keadaan autorun di all drives dimatikan.

Ternyataaaa..... Flashdisku ada virus yang bisa nginfeksi ketika booting :((
Untungnya cuma userinit.exe yang diubah (maklum virus lokal), bayangkan kalau virus yang varian W32 yang suka nginfeksi file exe, mungkin semua file exe yang ada di laptop dah dimakan habis oleh virus.

Yaudah tak tinggalin laptopku, flashdisk ganti tak colokin ke PC yang udah jalan dan dengan antivirus yang uptodate. Langsung kedetek semua virusnya kecuali boot.exe

Mungkin file boot.exe ini yang usil ngerubah userinit.exe di laptopku sehingga tidak mau login/menjalankan destop:(

Selesai membasmi virus di CPU milik pelanggan, gantian benerin laptopku sendiri yang nggak mau login.

Ada beberapa cara yang telah kutempuh
Pertama, buka contekan cara mengembalikan userinit.exe yang dulu pernah tak simpan (nyontek nggak dimarahin kok). Kedua, menyiapkan registry patch
dan file .bat yang akan ditaruh di startup.

Skenarionya adalah menyisipkan patch untuk mengembalikan userinit.exe
melaui DOS.

Dalam contekanku dicontohkan memakai floppy, sedangkan laptop CQ40-116TU tidak ada floppy tapi USB. :( Kemudian nyoba Hiren's BootCD tapi sayang nggak bisa dipake karena driver DVD laptopku tidak ada dalam Hiren's BootCD Booting bisa tapi pas menjalankan aplikasi nggak bisa (CD Rom Driver Not Loaded!) :((

Kemudian googling nyari tools buat XP yang bisa boot dari USB, ketemu tools namanya BartPE. Setelah selesai download trus tak coba booting dari USB, pada awalnya mau, tapi sampai ditengah terjadi BSOD (Blue Screen Of Death) karena dalam BartPE tidak ada driver SATA-nya. Kasusnya sama ketika dulu mau install laptop ini pakai CD Windows XP biasa yang menghasilkan Blue Screen :(
Sempat kepikiran untuk melakukan slipstream pada BartPE, tapi nggak punya waktu buat eksperimen slipstream di BartPE.

Akhirnya notebook tak repair pakai CD windows XP yang buat nginstall kemaren. Setelah Windows jadi langsung tak cek program yang ada di startup pake program autorun yang ada di CD Hiren's, dan ternyata virusnya masih nongol, langsung saja tak delete.

Alhamdulillah.... Akhirnya laptopku jalan dengan normal lagi, meski harus melakukan beberapa penyesuaian setting karena Windows habis di repair.

Comments

Popular posts from this blog

Rapidleech Plugmod Server List Update Daily

Aplikasi Pembaca QR Code dari handphone gratis

Cara memasukkan BISS KEY pada Matrix Bola OTA