Membuat Website Pribadi Domain Gratis

Anda tentu pernah berfikiran untuk membuat website pribadi atau bisnis kecil-kecilan secara online tanpa mengeluarkan banyak biaya?! Ikuti tips berikut yang mungkin berguna bagi pemula yang ingin mempunyai website atau ingin menjalankan bisnis online kecil-kecilan. Biayanya nggak mahal kok cukup Rp.35.000,- kalau dihitung sehari cuma kurang dari Rp.11,- Sangat murah bukan?

Apa yang anda butuhkan untuk mempunyai website?

Nama Domain

Nama domain merupakan identitas yang harus anda miliki agar orang lain dapat mengunjugi situs Anda hanya tinggal mengetikkan nama domain Anda di browser. Domain name sendiri ada beberapa tingkatan diantaranya TLD (Top Level Domain) seperti .com .net .org .us dan lain-lain. Namun kebanyakan iklan yang mengatakan gratis domain name setingkat TLD, tenyata ada biaya yang tersembunyi. Misalkan anda akan diberikan domain setingkat TLD gratis asalkan anda menyewa hosting pada yang bersangkutan minimal sekian MB.

Selain TLD ada yang disebut subdomain, yaitu sebuah nama domain yang merupakan sub bagian dari TLD. Contoh http://wap.samadpower.com wap merupakan sub domain name dari samadpower.com, sekarang ada sebuah situs dengan nama www.co.cc yang menawarkan domain gratis berakhiran .co.cc (www.namaanda.co.cc), namun sebenarnya itu bukan domain setingkat TLD tapi itu merupakan subdomain dari co.cc yang kelihatan seperti domain TLD. Bagi pemula, Anda bisa menggunakan subdomain dari www.co.cc untuk belajar memulai bisnis atau sekedar membuat situs pribadi berisi blog, foto galery, membikin forum untuk komunitas Anda, dan lain sebagainya.

Hosting Web Server

Web Server adalah Sebuah Komputer dengan spesifikasi server yang canggih, yang terkoneksi dengan internet berkecepatan tinggi yang terus-menerus online tanpa ada matinya. Fungsi utamanya adalah tempat untuk menaruh file-file dokumen website, seperti file HTML (Hypertext Markup Languange), PHP (Personal HomePage), file gambar dan lain-lain serta sebagai tempat eksekusi script-script yang khusus berjalan di server. Sehingga web Server dapat diakses oleh semua orang kapan saja, di mana saja, dengan koneksi internet jenis apa saja.

Akhir - akhir ini banyak penyedia Web Hosting di indonesia,dengan segala macam fitur dan keunggulannya masing-masing. Banyak orang mulai tertarik dengan bisnis ini, mulai cuma sekedar menjadi Reseller, VPS sampai mempunyai server sendiri. Anda harus jeli dalam memilih penyedia Web Hosting. Perhatikanlah Harga, fitur yang ditawarkan, Online service atau Pelayanan Terhadap Pelanggan, Besarnya Space dan Bandwidth, dan Kualitas Server. Sebagai contoh, Anda bisa mengunjungi HargaHosting.Com dan membandingkan harga, paket-paket beserta fitur yang ditawarkan dengan penyedia hosting lainnya. Anda tentu bisa memilih mana yang lebih murah dengan fitur lengkap dan berkualitas.

Isi Website

Mau diisi apa websitku nanti? Terus desainnya bagaimana, padahal saya tidak tau soal skrip-skrip html apalagi php dan mysql?

Pertanyaan seperti itu biasanya muncul ketika orang baru pertama kali akan membikin website, hal yang demikian memang wajar karena rata-rata orang yang baru pertama membikin website dikarenakan kepengen dikenal orang lain. Jangan khawatir soal itu, soal kontent nanti Anda akan dengan sendirinya menemukan ide, soal desain gampang, di control panel HargaHosting.Com terdapat Fantastico, yang mempunyai lebih dari 52 Auto installer script yang siap di install. Fasilitas tersebut terdapat di semua paket hosting. Anda tinggal memilih skript apa saja yang mau di install. Mulai dari forum, mailinglist, blog, wiki, polling dan lain sebagainya, anda bisa melihat lebih detil tentang script-script fantastico di sini.

Cara Mendapatkan domain .co.cc gratis
Caranya cukup mudah, Anda tinggal mendaftarkan diri di http://www.co.cc memilih nama domain sesuai keinginan Anda, kemudian jika Anda meyewa paket hosting paling murah dari HargaHosting.Com yang PAHE 5MB dengan 300MB sebagai bandwidth bulanannya (biaya 1 tahun cuma Rp.30.000,- + Biaya Setup pada awal kontrak Rp.5.000,-) maka anda tinggal memasukkan Name server 1 dan 2 milik HargaHosting.com ke kontrol panel di http://www.co.cc Adapun Name server 1 dan 2 milik HargaHosting.Com adalah ns1.hargahosting.com dan ns2.hargahosting.com setelah kurang dari 48 jam website Anda akan aktif. Kenapa begitu lama? karena ini merupakan layanan gratis dari http://www.co.cc yang notabene banyak penggunanya, tetapi jika Anda membeli domain yang TLD maka setup jaringan kurang lebih cuma 5 menit sudah selesai. Mudah dan hemat bukan?!

Semalem sempat mencoba hal tesebut dan hasilnya sangat memuaskan, saya mempunyai website baru lagi... :p buka http://andy-compuhouse.co.cc tapi belom ada isinya :p nanti malem mau tak install script lewat fantastico di C-Panel aja, biar nggak repot-repot coding lagi :D

Semoga tulisan ini bisa membantu Anda yang ingin mempunyai Website dengan domain GRATIS :-)

Comments

Popular posts from this blog

Rapidleech Plugmod Server List Update Daily

Aplikasi Pembaca QR Code dari handphone gratis

Cara memasukkan BISS KEY pada Matrix Bola OTA