Compaq CQ40-116TU Win XP Blue Screen Of Death

Anda mungkin sudah pernah dengar dan mengalami Soal Blue Screen Of death (BSOD). BSOD bisa terjadi di semua PC atau Notebook.
Kenapa bisa terjadi BSOD?
BSOD kebanyakan disebabkan oleh faktor hardware, termasuk di dalamnya adalah Driver. Jika driver gagal dalam menangani hardware maka biasanya akan terjadi Blue Screen.

Sudah beberapa kali saya mencari solusi di search engine tentang cara mengatasi BSOD pada Compaq CQ40-116TU yang menjalankan windows XP tetapi belum ketemu juga. Maklum, CQ40 punyaku kadang-kadang Blue screen, nggak tau kenapa :(. Banyak solusi yang ditawarkan, mulai dari mengganti driver sampai downgrade BIOS ke versi F.11. Lalu saya ikutin petunjuk-petunjuknya, tapi belom ada yang berhasil. Tinggal satu cara yang belom pernah tak coba, yaitu downgrade BIOS Compaq CQ40-116TU ke versi F.11.

Saya belom berani karena akibatnya fatal kalau gagal, bisa-bisa mati total itu Compaq CQ40-116TU. Selain mati total, downgrade BIOS Compaq CQ40-116TU itu melanggar ketentuan garansi, sehingga garansi yang diberikan HP selaku produsen menjadi batal.

Sebenarnya serba susah, pengennya pakai Windows XP yang sudah familiar dan enteng, tetapi kadang-kadang sering BSOD. Bayangin saja pas enak-enaknya ngetik di blog atau coding tau-tau Blue Screen :(( Sudah beberapa kali aku mengalami BSOD, mesti tidak sering tapi hati ini jadi was-was terutama saat lagi mengerjakan sesuatu yang penting. Kalau pake Windows Vista bagiku kendalanya lumayan banyak, mulai dari berat, feature yang menurutku kurang bermanfaat, trus lagi driver unknown blueetoth peripheral device juga belom ketemu solusinya, maklum saja saya sering pakai dial-up dengan HP sebagai modem.

Mudah-mudahan pihak HP selaku pembuat Notebook Compaq CQ40-116TU segera merilis driver-driver yang memang benar-benar untuk XP. :D

Comments

  1. Waduh BSOD, tidaaaaaaakkkk...

    Sejauh ini CQ40-116TU punyaku aman2 aja. Emang sih saia lebih sering menggunakan OS Vistanya, ketimbang OS WindowsXP nya. Paling kalo mo maen game aja saia ke XP. Habisan Vista rada rese kalo urusan game. Aq kenceng2 aja kok mas pake Vista, apa karna memoryny saia naekin jadi 3gb :P.
    Mudah2an aja BSODnya gak nular yah mas :P
    PIZZ

    Tengkiyu For Inponya mas
    red_vHey

    ReplyDelete
  2. Wadowwwww,,,,

    Selamat malam (krn wktu saya ngetik ni udah malem)

    halo bos,, saya yg wktu itu menggangu YM mas dgn menggunakan nama Jaka_Tarub,, hehehehe,, nama sebenarnya Quincy Putu,,

    nah,, klo masalah downgrade BIOS,,, ga usah d lakukan dech mas,,, krn kmarn ada masalah audio,, jd saya udah melakukannnya (downgrade BIOS ke versi F.11),,, nah sekarang tuch masalahnya tetep ada koq mas,,, maksudnya masalah BSOD nya,,,,

    saya jg lagi nyoba nyari solusi...nah ini dpt,, ntar klo ini berhasil,,, nanti saya share dch,,,,, bagi smua pngguna compaq cq40,,

    regards,,,

    Quincy (Jaka_Tarub on Yahoo! Messenger)

    ReplyDelete
  3. ouw... begitu ya..
    ok deh tar klo ada info gentian bagi2 :D

    ReplyDelete
  4. sejauh ini 116TU gw aman2 aja mas.
    saya pke Windows XP SP2.
    gpp kok update BIOS. klo di desktop sih gw dah berkali2 update.
    klo di notebook baru di 116TU ini.
    gw baru beli malah disaranin downgrade BIOS ma penjualnya (Computa).
    setelah install XP langsung deh downgrade BIOS.
    gw jg gak tau alasannya apa, ikutin aja deh sarannya.
    sejauh ini blm ada masalah BSOD. semoga ndak nular deh. hihihi..

    nah sekarang masalahnya di Bluetooth. dah install driver tp ttp aja device not found, padahal di device manager ada.
    ini baru coba donlot drivernya (SP32883).

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas masukannya, Notebook ini udah jarang BSOD kok paling 1minggu 1x atau pas lagi dibawa keluar aja. mungkin cuma masalah hardware yang nggak tahan guncangan.

    kalau boleh tau download BIOS F.11 yang bener2 bisa & aman dimana. Takut kalau salah dan mati total seperti kemaren ada yang posting katanya mati total gara2 downgrade BIOS ke F.11

    ReplyDelete
  6. mungkin di web site resmi HP ada bro.
    gw sih dikasih dr tokonya.
    klo masalah matot krn downgrade gw jg kurang ngerti tuh.
    tp klo emang dah ga pernah BSOD ya ga usah gpp kok kayaknya.
    klo blm ktemu nanti gw coba upload.

    ReplyDelete
  7. coba donlot ini bro..
    td gw upload. moga gak korup.
    http://www.mediafire.com/?tz9xeejxdgz

    ReplyDelete
  8. Ok, trims atas file Bios F.11
    sebelum tak downgrade ada satu pertanyaan, apa audio bisa berjalan normal (tidak perlu pacth)?
    trus ada nggak kekurangan dari F.11 di CQ40?

    ReplyDelete
  9. kecuali bluetooth driver semua berjalan normal.
    btw BSOD ituapa krn ahci drivernya ya? soalnya waktu pembelian ma tmn gw disuruh install ich9 aja.

    beberapa catatan yg mungkin penting yg gw dpt dr file ReadMe dl CD driver gw:

    *note #1
    Please read the documentation on how to install the AHCI driver before install XP OS. If not you may encountered
    BSOD issue when installing the XP OS.

    *note #2
    Fn+F4 fix by BIOS F.11E

    klo sama BIOS sebelum update gw gak tau tuh. cari2 infonya ga ada.

    ReplyDelete
  10. Trims atas masukannya, aku sendiri jg bingung kenapa kok bisa BSOD, padahal yg lain (yg sudah berhasil install xp pake driver yg tak share nggak ngalamin BSOD)
    Tar tak coba nyari driver baru di situs intel, klo ada yg baru tak bikin slipstream cd lg, kalau ga nemu ya downgrade BIOS :-)

    ReplyDelete
  11. sebagian setuju bos... ak jg lagi pusing nyari cara install xp buat cq40-116tu... pas install, blue screen mulu...

    ReplyDelete
  12. Kan di blog ini sudah komplet, coba dicari aja di label "notebook"

    ReplyDelete
  13. humm,,,
    temenq baru beli cq40-321..
    kyae kluaran baru..
    lum banyak yang bahas, tapi masalahnya sama(bluscreen pas mo instal xp)..kira2 ada solusi tak?

    ReplyDelete
  14. mas andy ne awal, ko CQ 40 116 punya aku anti virusnya suka eror kadang? kenapa ya? kadang sesekali blue screen.

    ReplyDelete

Post a Comment

Tinggalkan pesan anda :)

Popular posts from this blog

Rapidleech Plugmod Server List Update Daily

Aplikasi Pembaca QR Code dari handphone gratis

Cara memasukkan BISS KEY pada Matrix Bola OTA