Mengelola situs dengan cermat & hemat

Kepengen punya web tetapi dengan biaya murah?
Gampang :D

Sekarang sudah murah kok, untuk domain .com rata-rata Rp.100.000,-/th kalau pengen hemat pakai domain lokal web.id seperti punya ACHNET cuma Rp.25.000,-/th murah meriah kan :D

Untuk hosting banyak paket & jenisnya. Kalau ACHNET cuma memakai paket murmer, Server US dengan space 50MB & bandwidth 2GB Rp. 60.000/th. Tetapi bisa ada beberapa servis disini (main site 1, main site 2, blog, shop dll).

Rinciannya sebagai berikut: Untuk main site 1 (samadpower.com) kira-kira menghabiskan sekitar 20MB karena banyak gambar-gambarnya, untuk main site 2 (ACHNET) kira-kira menghabiskan 10 MB, trus 15MB sisanya untuk jualan (SHOP) sisanya yang 5MB untuk (database, logs, email & keperluan lain).

Lha trus blog ini gimana?
Blog ini nebeng punya google (blogger.com) tetapi saya sambungkan ke subdomain achnet.web.id jadi gak makan tempat & bandwidth akun hosting ;)

Cara nyambungin blogger/blogspot ke subdomain sendiri mudah, berikut ini caranya.


1. Buka C-Panel pada akun hosting masing-masing
Cari menu Simple DNS Zone Editor"
2. Masukkan sub domain yang dikehendaki
Dalam contoh ini saya memilih blog2.achnet.web.id (subdomain akan otomatis dibuat)
Kolom yang diisi cuma pada bagian "add a CNAME Record" kemudian ketik nama subdomainnya pada isian "name". Dan pada isian "CNAME" isikanlah ghs.google.com (karena kita akan memindah blog kita yang ada di google (blogger/blogspot).

3. Buka akun blogger anda
Buka menu "Setting/Setelan" kemudian klik pada "Publishing/Penerbitan". Lalu klik "Domain Ubahsuaian" lalu klik lagi "Beralihlah ke setelan lanjut " dan masukkan alamat subdomain anda tadi, jika sudah lalu simpan setelan.

Sampai disini anda telah berhasil merubah domain blogger/blogspot menjadi subdomain milik anda. :D

Sangat mudah dan cepat bukan? :D

Selamat mencoba :D

Comments

Popular posts from this blog

Rapidleech Plugmod Server List Update Daily

Aplikasi Pembaca QR Code dari handphone gratis

Cara memasukkan BISS KEY pada Matrix Bola OTA