Downgrade Notebook Compaq Presario CQ40-116TU dari Vista ke XP

Kemaren Kamis (23 Oktober 2008) Babis beli notebook baru merek HP Compaq Presario CQ40-116TU di EL'S Jogja. Setelah nyampe di kost temen trus install OS XP SP2 tapi hardisk tidak terdeteksi karena pada CD Installer XP belum ada driver SATAnya. Berhubung keburu nggak sabar pengen menjajal Compaq Presario CQ40-116TU ya terpaksa install Vista yang berat dan tidak familiar bagiku :(

Ternyata cepet juga (Core 2 Duo + 1 GB DDR2) karena belum ada program2 yang terinstall :D

Selesai install vista beserta driver2 bawaannya trus nyoba konek pake WiFi ke Access Point di kost2an itu, berhubung masih awam ya tidak berhasil :D terpaksa pake laptop temen buat browsing.

Selama semalem browsing2 di internet nyari driver sata, akhirnya ketemu. Trus tak bikin CD installer yang baru pake nLite guna memasukkan driver SATA pada CD installer XP biar pada saat instalasi driver tersebut di load dan bisa membaca hardisk SATA.

Setelah berhasil membuat CD installer, trus nyoba nginstall dan hasilnya gagal dan blue screen... driver yang diakibatkan driver sata salah :( trus nyari driver sata lagi tapi nggak ketemu :( kalaupun ada pasti isinya sama :(

Keesokan harinya pulang ke rumah, sampai rumah aku masih penasaran pengen nyoba mencari driver SATA yang lain dengan laptop Compaq Presario CQ40-116TU ini dan Windows Vista.

kemudian nyoba konek internet pake modem HP melaui bluetooth, setelah pairing Bluetooth modem kok nggak ada :( liat di device manager ternyata ada Unknown Bluetooth Peripheral Device :(

Tambah penasaran akhirnya idupin PC yang lama trus konek internet. Setelah nyari-nyari ternyata solusinya belom ada :( Terpaksa nerusin pencarian driver SATA. Dapat banyak driver, trus tak cobain satu-satu sampai habis banyak CD :((

Akhirnya tengah malam dapet driver SATA yang cocok untuk Compaq Presario CQ40-116TU :) dan aku berhasil menginstall Windows XP di Compaq Presario CQ40-116TU Notebook :))

Tapi ternyata drivernya susah :(
Setelah 3 hari mencari, try & error akhirnya hampir semua driver-drivernya dapat juga, sampai posting blog ini di publish aku masih belum menemukan driver Audio dan modem untuk Compaq Presario CQ40-116TU.

Kalau ada yang tau, beri tau aku ya..!
Syukur2 di kirimin drivernya ke emailku :D


Post berikutnya :

Installing Notebook Compaq Presario CQ40-116TU

Comments

  1. bisa sharekah driver2 nya...saya sampai skg pun masih blm bisa nginstal xp di cq40 116TU..hikz...

    ReplyDelete
  2. aloow boss... bagi dong drivernya.
    saya jg pake cq40 116tu niii.
    btw driver audio ama modemnya blon ada? jd blon bisa kluar dong suaranya? ato bisa dgn driver standar dr XP? modemnya jg ya?

    ada masalah ga klo pk Xp? bluetooth nya gmn?

    ReplyDelete
  3. waduh, minta donk driver sata buat XP di CQ40-116TU butuh nih, gw dah punya seluruh driver buat XPnya, tapi driver satanya selalu blue screen. kirim yah ke emailku : dimas20102928@gmail.com
    driver gw di kasih langsung sama vendor conmpaqnya. maklum temen sebelah toko

    ReplyDelete
  4. minta driver sata nya untuk windows xp dong
    trus minta tolong ajarin buat gabungin sata dengan xp biar bisa buat nginstal di CQ40-116TU
    driver sound ma modemnya aku juga blm dape untukyang vista :(

    ReplyDelete
  5. Mas ady,slamat ya buat laptop baru ny :D
    Oiy bgmn laptopny?enak buat dipakai ga?ada keluhan ga?
    Soal harga,mas ady bli brapa?:p
    Maap ni mas klo bnyk tny :p soalny 3 atau 4 hari lg saya brencana membeli laptop spt yg mas punya d pameran indocomtech d jkt..jd saya pnasaran :D
    thx bnget ya mas..
    Harry J. -jkt-

    ReplyDelete
  6. Bagus, nyaman kok dipake... :D
    Sampai saat ini belum ada keluhan.
    kemaren tgl 23/10/2008 beli di el's notebook jogja harga Rp.7.750.000,- ga tau sekarang berapa, coba cek ke el's notebook

    ReplyDelete
  7. wah..nyaman ya mas..masukan positif ni..klo masalah panas bagaimana?palmrest ny panas ga?
    Mas,saya mau tanya jg ni tentang vga ny..kbetulan kan onboard(x4500mhd), kira2 bs ngehandle program/game spt ap ya?photosop cs2(klo prlu yg cs3),game GTA SA, NFS Carbon ato Call of duty lancar ga?
    Oiya ngomong2 mas prnh ngebandingin laptop ini dgn acer 4925/4930?klo iya,knp mas lbh milih cq40-116tu?
    Hehe,too much ask lg ya.. :p thx ya mas.. :p
    Harry J. -jkt-

    ReplyDelete
  8. mas andy.. aku minta driver..driver buat xpnya sampai skrg laptopku g bisa... klo ada yang punya ya.. riddick_dt@yahoo.com

    ReplyDelete
  9. Coba baca postingku selanjutnya di http://andy-compuhouse.blogspot.com/2008/11/installing-notebook-compaq-presario.html
    Udah komplit...plit..plit...
    Tinggal donlot :D

    ReplyDelete
  10. @Harry J
    soal panas lumayan, normal layaknya laptop2 pada umumnya. Kalau tak pakai kerja lama aku pakai colling pad dibawahnya + copot baterai biar dingin + baterai awet :D
    kalau cuma buat cs3 termasuk enteng, kan RAM 1gb, untuk nge-game lom pernah nyoba :D (lagi banyak kesibukan, jadi ga sempat nge-game)
    Terus terang aku lom pernah ngbandingin dengan produk dari acer, beli ini juga terpaksa karena duitnya pas-pasan :D
    Sebenernya pengen toshiba tapi harganya selangit :(

    ReplyDelete
  11. Haha,trpaksa bli itu:D mas,jgn kenceng2 ngomong kyk gt, klo didenger laptopny ntar takutny ngambek:p
    btw tdnya saya sudah bulat pilihanny ke compaq ini..tp d forum2 sblah nyebut klo bli cq45-110au($839 pake kurs 10rb) d pameran bs dpt bonus printer&FD(waaww)..pndirian saya jd goyah ni mas..hehe..
    thx buat jawabanny ya mas,membantu banget buat jd masukan.. :D

    ReplyDelete
  12. emang kenyataannya terpaksa kok :D
    kalau kemaren ada duit lebih rencana mo ambil toshiba :)
    tapi ini sudah lebih dari cukup kok :D

    ReplyDelete
  13. wah permasalahan nya sama tuh ma aku...
    setiap instal xp selalu driver sata nya gk cocok dan akhir nya blue screen.. padahal klo dipake ke laptop yg lain dgn hdd sata oke2 aja, tp di notebook cq40-116TU langsung blue screen..
    aku beli di pameran indocomtect, mau di bawa kesana lagi uda habis pameran nya..
    Mas, aku minta driver sata nya dong...
    sampe sekarang belom bisa nih notebook ku...
    tolong dikirimin driver sata ke kemalfuadwaluyo@yahoo.com ya..
    tx banget ya mas, ditunggu driver nya...

    mau di waduh, minta donk driver sata buat XP di CQ40-116TU butuh nih, gw dah punya seluruh driver buat XPnya, tapi driver satanya selalu blue screen. kirim yah ke emailku : dimas20102928@gmail.com
    driver gw di kasih langsung sama vendor conmpaqnya. maklum temen sebelah toko

    ReplyDelete
  14. waduh lupa di delete yg punya nya mas dimas...
    maklum, copy paste aja...
    heheheheee
    sory bro...

    ReplyDelete
  15. Yaudah gpp, besok juga dapet :D

    ReplyDelete
  16. Alow mas andy..saya akhrny beli cq45-110au sharga 8,39jt dan ga bs kurang :(
    truz saya upgrade jd 2gb (kingston 1gb 250rb) total cost 8,65jt hikshiks hasil ngemiz slama brtaon taon ilang:( tp itung2 buat d pake taonan ya gpp deh bli yg mahalan :)
    Oiya saya dpt bonuz FD (1gb) plus mouse merk hp ama mousepad truz sling bag modiz plus bag ala kantoran dan undian cashback 100rb (lumayan buat ongkos balik ama makan siang d sana, makanan d pameran mahal2 bngt)..sekian laporan saya mas..mengenai performa nanti saya komen lg (soalny saya sdng merawanin habiz2an dulu sblm tau rasa ny,hehe)..
    Harry Jhon - Jkt -

    ReplyDelete
  17. @Harry Jhon
    Selamat memerawani notebooknya yang baru, puas-puasin malam pertamanya he..he..he.. :D

    btw banyak banget bonusnya :)
    dulu aku beli cuma dapet tas ala kantoran merk HP :( tapi maklumlah harga Rp.7.750.000,-
    rencana mo aku juga mo upgrade jadi 2gb tapi lom ada duit :(
    kalau nambah 1gb Sodimm DDR 2 1GB Visipro : 17 US$ (2 slot ram dipake semua)
    tapi kalau 2gb 1 keping (slot ram yang dipake cuma 1) kalau nggak salah sekitar 25$, itupun ram yang bawaan diambil (tukar tambah)

    ReplyDelete
  18. mas numpang nanya neh..install vistanya berapa lam yak..kok udah 4 jaman kagak kelar2, stuck sampe complete instalation...trus ga bisa dicancel/close...

    tolong bantuannya...

    ReplyDelete
  19. pengalamanku pake laptop ini nggak nyampe 30 menit kok
    coba dicek DVD installer Vistanya, sapa tau kotor atau lecet. Soalnya keping DVD lebih sensitif daripada CD

    ReplyDelete
  20. iya, gw juga punya laptop ini.Kemaren sempet nyoba mau XP, tapi gagal.
    dan searching searching di internet, emang gak dianjurin untuk pake XP nih laptop, akhirnya gw balik lagi deh ke vista.
    sekarang gw lagi ada kendala untuk melakukan presentation pake laptop ini. masih gak bisa bisa euy.. ada yang tau gak??

    ReplyDelete
  21. Hallo mas andy..
    Skrng Saya mw posting janji saya wkt itu nih..
    Laptop cq45 saya sbgai gmbaran dapat Windows Experience Index ny dpt point 3,7..
    Utk program sbgai gmbaran dia bs handle photoshop cs3..
    Utk game saya baru nyoba hitman contract (msih blm pny wkt nyoba game :D soalny kuliah lg padat) dan itu settingan ny rata2 high lancar2 aj..
    Klo wifi lancar2 aj,lumayan internetan gratis d kampuz :p..

    Utk keluhan d bagian palmrest (dudukan tangan) sblah kiri,agak panas klo lg load program yg besar..mgkn krna pnempatan hdd ny d situ kali ya?
    Truz slot usb hanya ad 2..ribet klo scra brsamaan mw colok FD brbadan bongsor :( mesti ngantri :D Haha..
    Sekian laporan dr saya mas..
    Harry Jhon - Jkt -

    ReplyDelete
  22. @Harry Jhon - Jkt -

    di bagian palmrest (kiri) memang rada panas karena hardisknya ada disitu, itu kalau hardisk kalau sedang dipake kerja oleh windows, kalau pas lagi iddle nggak terlalu panas.
    Coba dibeliin cooling pad biar agak adem :D

    ReplyDelete
  23. Oke mas saran d trima, nanti saya akan coba bli itu cooling pad klo ad waktu senggang..
    Btw makasih bngt ya mas buat sgala info dan masukan yg uda di brikan dr sblm saya bli laptop sampai skrng :D oiya mudah2an laptop qta bs tahan lama dan brguna buat qta ya mas :p
    Harry Jhon - Jkt -

    ReplyDelete
  24. Wah beruntung banget saya nemuin blog ini, informasi ini yang saya butuhin, saya akan coba triknya untuk install xp di compaq saya, soalnya saya mengalami problem yang sama dengan teman2 yang lain, nanti akan saya tulis lagi laporannya apakah berhasil atau ngga.. Thanks

    ReplyDelete
  25. Selamat mencoba, semoga berhasil :)

    ReplyDelete
  26. Makanya beli ACER aja, Murah gak rewel walaupun banyak yg bilang ACER (Agak CEpet Rusak), tapi kalo kitanya bisa ngerawat gak kalah ama merk laennya

    ReplyDelete
  27. ACER (Agak CEpet Rusak)
    wakaka... Hyuga Akira bisa aja.. :))
    Tapi biar kata bisa ngerawat kalau endurance hardware nggak bagus, mungkin cepet rusak juga :D

    ReplyDelete
  28. Halo semuanya, mau laporan nih hehehe...
    setelah mengikuti tutorial yang ada di blog nya mas Andy ini sekarang saya sudah bisa install windows xp dan seperti memang agak problem di driver audionya tapi untung aja mas nady mau bantu saya lewat YM, te ope bgt deh mas andy nih hehehe,,, sekali lagi terima kasih banyak mas andy... semoga sukses selalu...

    ReplyDelete
  29. vga nya berapa mb mas??

    ReplyDelete
  30. Halo mas tolonk donk saya lagi bingung neh ama laptop saya, ceritanya gini saya beli compaq cq40-116tu trus dikasih tokonya windows vista, tapi sewaktu saya install YM dan memakai webcamnya untuk pertama x sih jalan tapi kalau di closed dan mau buka webcam lagi pasti muncul tulisan webcam not conected, awalnya kupikir webcamnya rusak tapi pas saya restart laptop and saya coba cyberlink youcam tidak ada masalah sama sekali dengan webcam saya lalu saya mencoba lagi membuka webcam dari Yahoo dan hasilnya sama seperti biasanya, pertama x buka bisa trus kalau di closed eh ga bisa conect lagi dan mau buka cyberlinkyoucam eh malah jadi ga bisa dan muncul tulisan harap matikan dulu program lain yang memakai webcam, akhirnya saya berpikir YM di vista emank ga bisa memakai webcam dan saya mencoba downgrade ke windows XP Sp2, tapi pas saya boot ( saya tekan f9) dan saya pilih booting lewat cd/dvd room emank sih awal mulanya lancar sampai windows menjadi bluescreen semua dan windows loading file nahhh disini mulai deh masalahnya, keluar layar hitam semua karena error dan ada pesan bahwa komputer akan otomatis mati untuk mencegah damage yang dapat merusak komputermu, jika layar seperti ini muncul lagi harap lakukan pengecekan virus yang ada di harddrive-mu dengan langkah sebagai berikut: pergi ke RUN dan ketik chkdsk /f saya sih udah melakukannya tapi tetap aja install ulank windows xp tetap muncul error seperti itu lagi…jadi bagi yang punya masalah yang sama dan sudah ada yang berhasil pecahin tolonk kasih tau aku yah caranya. THX BANGED.
    Oh iya sorry PM ke emailku aja yah kalau ada yang tau cara untuk pecahin masalahku. Emailku Joker_leo999@yahoo.com
    Thx

    ReplyDelete
  31. wah aq kok asyik2 aja... punyaku ramx ditambah 2gb..buat maen game berat juga oke

    ReplyDelete
  32. fajar_Gunkid25 April, 2009

    Dear Master

    sekedar share aj
    mas aku mau tanya, kasus untuk laptopku sama kayaknya, cuma vesinya beda kalo punya saya CQ40 121TU, itu dah kucoba pake xp splitstream yg sudah ku modif, udah kucoba xp bisa tapi kalo driver terinstal smua kalo direstart malah hang,kemudian saya coba restore pake f8 yang semula xp berjalan dgn baik, trnyta driver lan dan realteknya g support xp, nah yg saya bingung lagi wktu aku kasih ke service laptop tokonya yg aku beli, trnyata bisa di instal xp pake floppy sata, itu bentuknya floppy tapi via usb. Trs kata mas yg servis cm bilang, ini bisa diinstal xp tapi cm pake floppy ini aja, trs harganya 300an,,,huh cpe dehhh,,,harga segitu cm kepake pas instal aja,,,tapi ga pa2 yg pnting bisa pake xp

    ReplyDelete
  33. @fajar
    saya bukan master kok, saya cuma share aja kok :)

    memang bisa di install pakai floppy, tapi ya itu mahal floppynya :D
    maka dari itu kita butuh xp yang sudah ada driver satanya, dengan cara kita slipstream.
    kalau soal hang mungkin karena driver sata nggak cocok/salah.

    sebaiknya hasil installan dari toko itu di ghost/di image (di backup) aja, jadi kalau ada error nanti bisa di restore lagi.

    Kalau boleh, mintalah driver sata dari toko tersebut, trus dibuat slipstream :)

    ReplyDelete
  34. Anonymous14 May, 2009

    oh itu soundcard bir lu nyari sampai kiamat emang gak iso ketemu, untuk driver sata hrs pakai chipset yg ich 9 keatas, dan hrs bikin sendiri, gk sulit sih buat orng awam

    ReplyDelete
  35. Anonymous10 June, 2009

    mas andy laptop saya cq40-116tu ada masalah nih. Layar nya goyang2 dari bawah ke atas selalu begitu terus. Kira2 mas andy tau cara mengatasi masalah seperti ini??
    o0o ya aku minta alamat servoce center compaq yang di yogyakarta.
    Kemaren udh aku hubungin semua no servicenya tp gak ada yang connect.
    Tolong bantu ya mas andy thanks....
    sukses selalu buat mas andy

    ReplyDelete
  36. Cek dolo... apakah driver sudah terinstall dengan baex? (terutama driver VGA)
    klo driver VGA no problemo, coba cek kabel flexy LCD, sapa tau kabelna dah ga memadahi :D

    ReplyDelete
  37. Anonymous11 June, 2009

    sudah saya install menurut aturan mas andy. selama 4 bulan tidak ada masalah, tapi masuk bulan ke lima saya menghadapi masalah seperti yang saya telah ungkapkan. Kalo cek kabel flexy LCD vrati saya harus bongkar laptop??
    Terima kasih

    ReplyDelete
  38. sepertinya itu memang masalah kabel flexibelnya, coba dibawa ke tukang service aja untuk memastikannya

    ReplyDelete
  39. Soal service center, setahuku cuma 2, datang langsung aja
    ada yang di depan univ duta wacana (perempatan mall galeria keselatan, kanan jalan klo dari arah utara)
    terus sama yang di daerah timoho, seputaran gedung APMD (rada lupa)

    ReplyDelete
  40. Trims Bgt Mas Andy atas bantuannya Compaq CQ-40 116TU saya udah bisa pakai XP dan nga ada masalah....

    ReplyDelete

Post a Comment

Tinggalkan pesan anda :)

Popular posts from this blog

Rapidleech Plugmod Server List Update Daily

Aplikasi Pembaca QR Code dari handphone gratis

Cara memasukkan BISS KEY pada Matrix Bola OTA