ACHNET SMS GRATIS

Hey ketemu lagi dengan saya :D
Udah jarang nge-blog lagi neh :) ga tau kenapa jadi males nge-blog :D

Kali ini saya akan share tentang membuat service SMS yang bisa digunakan siapa saja untuk mengirim SMS dengan menggunakan gammu dan dengan web interface. Service ini bisa digunakan jika komputer saya hidup dan tanpa adanya garansi (ga boleh komplain kalau sms gagal) :D

Berawal dari iseng ga ada kerjaan saya sempatkan untuk mempelajari tentang SMS Gateway. Istilah gateway, bila dilihat pada kamus Inggris-Indonesia diartikan sebagai pintu gerbang. Namun pada dunia komputer, gateway dapat berarti juga sebagai jembatan penghubung antar satu sistem dengan sistem lain yang berbeda, sehingga dapat terjadi suatu pertukaran data antar sistem tersebut. Dengan demikian, SMS gateway dapat diartikan sebagai suatu penghubung untuk lalu lintas data-data SMS, baik yang dikirimkan maupun yang diterima.

Peralatan yang saya butuhkan :
1. Software free bernama Gammu
2. Web server (xampp/appsever)
3. HP Siemen S57 + kabel data
4. GSM SIM Card
5. Koneksi Internet
6. Hosting (untuk menempatkan script sms)

Saya tidak akan membahas cara setting gammu (silahkan googling, udah banyak sekali yang bikin tutorial). Saya hanya share pengalaman saja kok :D
Cara kerjanya mudah kok, cuma meng-konekkan HP ke komputer, jalankan gammu, dan membikin script php untuk mengirimkan perintah ke software gammu, software gammu akan menerima perintah tsb dan meneruskan ke HP.

Setelah semua persiapan selesai tinggal upload script ke internet agar bisa diakses orang banyak :D
Sebelum apluoad saya membuat subdomain baru dan mengarahkan ke server lokal (komputer rumah ini) dengan melakukan "Zone Edit" pada cpanel. Komputer ini terkoneksi terus ke internet dengan IP Static, jadi dari cpanel hosting bisa diarahkan ke alamat IP yang static ini.

Kalau pengen mencoba SMS gratis ini silahkan buka http://local.achnet.web.id/sms/ atau melalui menu sebelah kanan di blog ini
Aplikasi diatas biasa disebut SMS gateway, jika anda mahir dengan php & mySQL, anda bisa membikin aplikasi2 SMS seperti polling, info, REG/UNREG dan lain sebagainya :D

Cukup sekian share kali ini, kalau ada yang kurang jelas silahkan di tanyakan melalui form komen dibawah :D

Comments

Popular posts from this blog

Rapidleech Plugmod Server List Update Daily

Aplikasi Pembaca QR Code dari handphone gratis

Cara memasukkan BISS KEY pada Matrix Bola OTA