Membangun WISP skala kecil

Setelah sukses mendirikan warnet, sekarang saatnya mengembangkan bisnis yang bisa menjangkau lebih luas dari sebelumnya :D
Mengingat semakin banyak orang yang ikut-ikutan mendirikan warnet di daerah tempat tinggalku, maka dari itu saya mencoba mendirikan WISP (Wireless Internet Service Provider). Rencana awal mencoba mengcover radius 5km persegi, sambil lihat perkembangan dan minat konsumen dulu :D

Sebenarnya sejak warnet berdiri saya sudah share koneksi melalui Wireless connection, namun itu masih sebatas 4 client yang berada di sekitar rumah. Tapi berhubung saingan usaha warnet sudah banyak, maka share koneksi internet melalui media wireless yang tadinya cuma nyampe ke tetangga mau saya kembangkan biar bisa menjangkau lebih luas :D

Untuk itu saya perlu tower triangle untuk meninggikan antena & keperluan lain. Setelah nyari2 dan survei harga akhirnya nemu yang jual tower triagle bekas di FJB Kaskus. Total tinggi tower 40M, setelah dipasang tinggal 36M, yang 2M ditanam sebagai pondasi, 2M ditanam untuk dudukan spanner ujung selatan.

Total proses pengerjaan selama 3hari dan baru hari senin (15/02/2010) kmaren selesai. Perangkat Wifi saya percayakan kepada produk dari Mikrotik, saya pakai Routerboard 433 dan Mini PCI R52H. Berhubung blom punya dana buat beli antena sectoral yg bagus, dan adanya cuma antena cuma punya omni dengan sangat terpaksa dipasang dulu omninya.

Namun pas pemasangan ternyata terjadi insiden yang mengakibatkan antena jatuh dari ketinggian 30M, yaaa terpaksa pasang router dulu dan turun lagi :D Antena omni sudah saya perbaiki dan sudah tak coba dipasang diatas namun performa menurun (50m dari tower pake laptop keadaan LOS cuma dapet 2bar sinyal). Sepertinya butuh beli yang baru biar performa handal, namun masih bingung memilih antara omni biasa dengan omni slotted, keduanya punya kelebihan dan kekurangan.

Bersambung.............

Comments

Popular posts from this blog

Rapidleech Plugmod Server List Update Daily

Aplikasi Pembaca QR Code dari handphone gratis

Cara memasukkan BISS KEY pada Matrix Bola OTA